Beras Organik Indonesia

Apakah Beras Organik itu ?

Beras organik adalah beras yang dihasilkan dari teknologi pertanian organik, dimana pengolahannya menggunakan pupuk organik yang dihasilkan dari kompos sampah dan kotoran ternak. Sedangkan untuk pengendalian hama tanaman menggunakan pestisida organik yang diekstrak dari daun-daunan obat dan akar tanaman yang mempunyai khasiat pengendali hama tanaman padi. Begitu pula untuk lahan pertanian dipilih pada lahan yang bebas dari pencemaran air limbah. Beras organik juga identik dengan beras yang bebas dari zat-zat kimia dan aman untuk kesehatan.

Beras organik Indonesia

Sebagai negara agraris, Indonesia terkenal sebagai salah negara produsen beras terbesar di dunia. Dengan lahan pertanian yang tersebar di Pulau Jawa mampu menghasilkan berbagai macam jenis beras dengan kualitas dan harga yang bervariasi. Proses teknologi organik selain menghasilkan beras yang sehat & bebas bahan kimia, juga akan menjaga struktur dan kesuburan tanah, sehingga produktivitas lahan pertanian akan tetap terjaga.

 

Keunggulan Beras Organik

Beras organik mengandung nutrisi dan mineral tinggi, kemudian kandungan glukosa,karbohidrat dan proteinnya mudah terurai sehingga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes dan baik untuk program diet. Selain itu, aroma dan rasa beras organik juga lebih pulen & harum serta lebih tahan lama dibandingkan dengan beras non-organik.

Walaupun harga beras organik jauh lebih mahal dibandingkan beras non-organik namun hal tersebut sebanding dengan manfaat dan kualitas yang akan diperoleh. Dan dengan semakin tingginya tingkat kesadaran masyarakat mengenai arti penting kesehatan, maka tingkat konsumsi beras organik dari waktu ke waktu pun semakin tinggi.

Beras organik Indonesia juga telah mulai diekspor ke berbagai negara, diantaranya adalah Timor Leste dan Singapura.

Beberapa macam jenis beras organik adalah sbb:

  1. Beras IR-64
  2. Beras Pandan Wangi
  3. Beras Menthik Susu Wangi
  4. Beras merah
  5. Beras hitam

Leave a Reply